Sabtu, 05 Mei 2012

Poster "Pesona Lombok"

Berawal dari saudara Asdhi Yoga Prabanto yang memberitahukan kepada kelas saya bahwa di kampus diadakan berbagai macam lomba, salah satunya desain poster dalam rangka Gelar Seni Mahasiswa Gunadarma (GSMS) 2012 yang diadakan oleh Bidang Kemahasiswaan UG, saya tertarik dan ingin segera mendaftarkan diri. Tapi pendaftaran ditutup 1 hari setelah informasi ini saya dapat (Kamis, 3 Mei 2012), dan karyanya dikumpulkan 2 hari kemudian. Bergegas lah saya mendaftar kan diri dan ternyata saudara Ahmad Lutfianto juga berminat untuk mengikuti lomba ini.

Pada malam Jumat saya mencari-cari inspirasi untuk menggambarkan dari tema yang telah ditentukan yaitu Pesona Lombok. Kemudian jam 8.00 malam saya mendapatkan konsep dari tema ini untuk digambarkan di poster ini. Tinggal mengumpulkan bahan-bahannya saja, lalu saya googling untuk mencari beberapa informasi tentang Lombok. Setelah semuanya didapatkan, saya mulai mengerjakannya di laptop, software yang saya gunakan yaitu CorelDraw X5 dan Corel Photo-Paint X5. Untuk mengcrop-crop kan gambar yang didapat dari google ini menggunakan Corel Photo-Paint, lalu Peletakan nya dilakukan di CorelDraw. Setelah beberapa kali bereksperimen dan meminta pendapat dari beberapa teman untuk menyempurnakan poster ini.

Keesokan harinya (Jumat, 4 Mei 2012) setelah shalat Jumat saya dan Lutfi mendatangi tempat pendaftarannya di kampus D Margonda. Lalu setelah pulang ke rumah, saya memikirkan lagi untuk memperbaiki poster yang dibuat sebelumnya karena masih ada kesempatan sebelum besok dikumpulkan, eksperimen pun kembali dilakukan, lalu saudara Riko Arfian memberikan beberapa saran untuk memperbaiki poster ini, setelah saya pertimbangkan dengan cukup matang, poster ini pun terselesaikan. Mungkin masih terdapat beberapa kekurangan tapi karena sudah malam dan saya mengantuk, akhirnya saya putuskan untuk istirahat.

Berikut adalah hasil akhir posternya:


Pagi tadi (Sabtu, 5 Mei 2012) saya segera bersiap untuk mengumpulkan poster ini, karena syaratnya dikumpulkan berupa softcopy dan print out di kertas A4 beserta deskripsi dari poster ini sendiri. Setelah semuanya siap saya berangkat dari rumah (Bogor) menuju kampus D Margonda sendiri, poster karya Lutfi juga ada pada saya karena dia tidak bisa mengantarkannya. Sesampainya di kampus D, saya langsung menemui panitia dan menyerahkan poster saya dan Lutfi ini.

Nah.. intinya saya ikut lomba ini bukan karena semata-mata ingin juara, tetapi hanya menyalurkan hobi, walaupun poster saya masih belum sempurna, tapi saya senang karena menyalurkan hobi saya dan menjadi salah satu peserta pada lomba ini.

Dan alhamdulillah pada hari Selasa (9 Mei 2012) kemarin pengumuman pemenang lombanya, dan saya berhasil menjadi juara 1 yang berarti lanjut ke babak PEKSIMIDA DKI Jakarta yang lombanya diadakan di kampus Gunadarma Sendiri.



0 komentar:

Posting Komentar

 
Iron Man Helmet