Pada project kali ini, saya membuat animasi karakter dari sebuah anime yang cukup terkenal. Nama anime tersebut adalah pokemon. Karakter yang saya buat adalah Caterpie.
Saya menggunakan blender 2.69
Setelah membuka aplikasi blender, objek yang akan tampil pertama kali adalah kubus seperti gambar dibawah. Ini adalah tampilan default dari aplikasi blender. Objek yang diperlukan untuk membuat karakter caterpie hanya ada 2 objek yaitu, UV Sphere dan Cylinder. Silahkan menghapus objek kubus yang sudah ada, caranya dengan me-klik kanan (pada mouse) lalu tekan delete.
Kembali ke Object Mode, tempelkan mulut dengan kepala nya. Geser semua sumbunya agar tepat menempel pada kepala.
Setelah menempelkan mulut, sekarang saatnya untuk membuat kaki karakter. Duplikat UV Sphere (terserah bagian yang mana saja), lalu scale (cara cepat: tekan huruf S) buat ukurannya menjadi lebih kecil. Kemudian, duplikat UV Sphere yang sudah diperkecil. Setelah itu, susun UV Sphere seperti gambar di bawah ini hingga bagian belakang dan bagian mata.
Buat sebuah setengah lingkaran seperti membuat mulut yang tadi dijelaskan. Tempelkan pada ujung kiri dan kanan tanduknya.
Sekarang membuat ekornya. Untuk ekor bisa diambil dari menduplikasi ujung tanduknya, karena hanya dibutuhkan objek seperti ini saja. Rotasi objek ekor menjadi seperti gambar.
Tempelkan tanduk dan ekor sehingga menyatu dengan Badan.
Jika melihat gambar diatas, permukaan objek tidaklah terlalu halus bentuknya. Untuk menghaluskannya, seleksi seluruh objek (tekan huruf B, kemudian seleksi semua objek) lalu scroll ke bagian bawah pada pojok kiri atas. Dibagian shading, klik Smooth untuk menghaluskan permukaan objek. Untuk menggabungkan semua objek agar tidak terpisah, seleksi semua objek kemudian ctrl+J untuk men-join semuanya.
Untuk menambahkan tekstur, digunakan UV/Image Editor, split area kemudian jadikan window sebelah kanan UV/Image Editor. Gambar di bawah ini merupakan UV Mapping yang telah dibuat berdasarkan tekstur karakter ini, karena cukup panjang untuk dijelaskan.
Berikutnya adalah menambahkan latar, untuk menambahkan latar tambahkan Plain, di Add>Mesh>Plain, letakkan di lantai.
Kemudian untuk memberikan texture daun, Seleksi Plain kemudian Edit Mode, pada UV/Image Editor pilih Image>Open Image, pilih gambar daun (disini saya mendownload file jpg texture daun). Kemudian pada jendela 3D View ketik U kemudian Unwarp, teksture akan muncul pada Plain.
Agar tekstur tetap terlihat saat di Render, pada Properties pilih Material, new, kemudian scroll ke bawah, ceklis Face Texture.
Sekarang membuat Armature karakter, Gunakan Quad Toggle View (ctrl+alt+Q). Klik add>armature>single bone. Letakan tulangnya di tengah-tengah karakter, Pindah ke Edit Mode, klik pada lingkaran yang di ujung armature kemudian tekan E, tarik ke arah yang sesuai hingga menjadi seperti gambar berikut.
Untuk menggabungkan Armature dengan Objek, pindah ke Object Mode, seleksi Objek tekan Shift kemudian seleksi Armature-nya tekan ctrl+P>With Automatic Weights.
Sekarang membuat animasi karakternya, Pertama kali pastikan posisi kameranya sesuai, geser dengan Translate kemudian perbesar dengan Scale. Jika sudah sesuai masuk ke Pose Mode, pilih tulang yang akan digerakkan, pada 3D Manipulator Widget pilih rotation agar tulangnya dapat digerakan seperti manusia. Jika posisi dan gerak tulang sudah sesuai tekan I > LocRotScale untuk menambah keyframes.
Jika keyframe telah dirasa cukup kita bisa memutarnya dengan klik icon play.
Jika telah puas dengan animasi yang kita buat, kita dapat merender animasinya pada Properties. Gunakan AVI JPEG, dan folder output tergantung user. Tunggu hingga proses Render selesai, dan file render tersebut ada di folder yang ditentukan oleh user.
kok teksturnya gak mau muncul di objek plane nya ya ?
BalasHapusmohon bantuannya gan !